Selamat datang di Gudang Resep Nahya

PECEL MADIUN


Dinginya suasana pagi ini, membuat aku rindu dengan kampung halamanku. menyantap makanan favoritku dan juga makanan khas dari kota "PECEL MADIUN", dengan ditemani secangkir teh hangat, kayaknya enak deh sarapa pecel dengan nasi hangat dilengkapi dengan rempeyek teri, daun kemangi dan lamtoro.. hummm, nyummiii..

daripada bengong, yuk ke dapur bareng nahya kita masak deh "PECEL MADIUN" nya..


Bahan bahan :

  • 1 ikat kacang panjang
  • 150 gr taoge, buang akarnya, rebus sebentar
  • 1 ikat daun bayam, siangi, rebus
  • 150 gr kol, iris kasar, rebus
  • 150 gr wortel, iris batang korek api

Bahan sambal pecel:

  • 250 gr kacang tanah, goreng, haluskan
  • 5 bh cabai merah
  • 5 bh cabai rawit
  • 3 lbr daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 3 cm kencur
  • 4 siung bawang putih, goreng
  • 1 sdt terasi
  • 1 sdt garam
  • 50 gr gula merah
  • 3 sdm air asam jawa
  • 150 ml air matang

Pelengkap:

  • Rempeyek kacang
  • Serundeng daging

CARA MEMBUAT:

  1. Haluskan semua bahan sambal pecel. Campur sambal pecel dengan air asam dan air matang, aduk rata.
  2. Siapkan piring saji, tata potongan kol, kacang panjang, taoge, wortel, dan bayam, lalu tuang sambal pecel. Beri serundeng daging, rempeyek kacang, dan taburi bagian atasnya dengan bawang goreng. Sajikan segera.

Untuk 8 orang

16 komentar:

Unknown 21 Desember 2011 11.37  

kunjungan balik sobat..?? + fllow + add facebook hehehehe

Unknown 21 Desember 2011 11.58  

we... aksih atas kunjunginya..
kalo boleh, jangan hanya follow aja gan, beri masukan dan komentar biar tambah keren hehe..

al kahfi 23 Desember 2011 09.51  

pecel madiun , bedanya dgn pecel2 lainnya apa nih ya,,,

Unknown 23 Desember 2011 10.05  

sepengatahuan saya yang asli orang madiun, bedanya pada rasa yang lebih maknyus dan tekstur sambal kacangnya beda dengan pecel blitar dan pecel kediri yakni lebih kasar, di tambah dengan daun kemangi. hummm... mantap dah ..

Anonim 23 Desember 2011 12.10  

Great blog entry, congrats my dear friend!

Abu Hamizan 23 Desember 2011 13.43  

Sepertinya enak nih sob..jadi pengin nyobain.
Resepnya perlu dikasih ke istri nih biar buatin.
Thanks atas shernya sob

Unknown 23 Desember 2011 16.29  

@ joey : thanks you sist..

Unknown 23 Desember 2011 16.30  

@ ferry i : shippp.. biar semakin mantap dan sehat dengan menu masakan istri tercinta heheh...

Unknown 23 Desember 2011 19.29  

Kayaknya Wenak nigh Mba,
ane jadi Ngiler


Salam kenal Mba

dwitya.mk 23 Desember 2011 21.47  

enak mana pecel madiun ma pecel kediri..
heheheh

kunjungi blog saya juga ya ukti di
"sambel pecelkediri"

Unknown 24 Desember 2011 06.49  

@ amhar : waahh.. ngilernya jangan disini yaa.. kasihan temen - temen yang mau mapir hiks hiks... > justkid frend.. OK, salam kenala juga.... kalo pengen yang asli silahkan main ke kota saya "KOTA MADIU"

Unknown 24 Desember 2011 06.51  

kalo madiun itu cirinya tekstur sambalnya lebih kasar dan pedas manis, kalo kediri biasanya dilengkapi sama sambal tumpang.. bener gak ? tapi dari segi lauknya munkin lebih lengkap madiun kali yee heh...

salam kenal dari nahya ya...

Unknown 24 Desember 2011 14.46  

wuihh enak pastinya thu bilangin ibu ahh masakin salam kenal ya mbak

ceritatugu 25 Desember 2011 15.25  

inyong suka pecel,kalau sore inyong sering beli pecel,balik follow diblog ini ya yang banayk makanan

Unknown 26 Desember 2011 17.59  

@ wahid : iya salm kenal juga......, boleh dunk.

Unknown 26 Desember 2011 17.59  

@ cerita tugu : enaknya makan pecel itu pagi hari .. ok ship terima kasih kunjunganya..

SAHABAT

NAHYA LIBARIES